Minggu, 09 Desember 2012

TIPS MERAWAT AIR KOLAM RENANG

         Ada bebrapa macam kolam renang, akan tetapi bila digolongkan lagi terbagi menjadi dua yaitu kolam renang  umum (komersial) dan kolam renang pribadi. Kolam kolam tersebut ada yg di dalam ruangan dan di luar ruangan (kolam terbuka).
        Disini akan saya bahas semua problem kolam renang tanpa banyak teori, tapi semua yang saya kupas adalah sesuai dengan fakta yang ada di lapangan saja.







        Tingkat kesulitan dalam perawatan kolam renang, diurutkan dari yang termudah yaitu:
1. Kolam renang pribadi yang berada di dalam ruangan.
2. Kolam renang pribadi yang berada di luar ruangan.
3. Kolam renang umum (komersial) yang berada di dalam ruangan.
4. Kolam renang umum (komersial) yang berada di luar ruangan.

                        "Mengapa kita harus merawat air kolam renang kita...?"
                        "Apa penyebab kolam renang kita menjadi kotor.....?"
       
        Baiklah mari kita bahas masalah tersebut diatas. Banyak orang beranggapan bahwa "merawat air kolam renang sama mudahnya dengan merawat air dalam bak mandi". Hihihihi jd ketawa geli deh.....
Memang jika air tersebut dalam jumlah kecil mudah kita kendalikan, tapi jika dalam jumlah yang besar maka kita yang dibuat kelabakan. Sama halnya dengan api, jika kecil bisa jd sahabat kita tapi jika besar malah jadi petaka buat kita.
Jika air dalam bak mandi kita kotor tidak usah repot repot, tinggal dibuang saja airnya dan ganti air yang baru, beres deh. Tapi apa air pada kolam renang anda juga mau di buang begitu saja jika kotor??? Sebelum anda membuang air kolam renang anda, coba anda hitung berapa puluh bahkan berapa ratus meter kubik air yang anda buang saat itu??? Berapa jumlah uang yang harus anda keluarkan untuk membuang dan mengisi kembali air tersebut??? Berapa lama anda bisa membuat air kolam tersebut penuh kembali??? Berapa lama air tersebut mampu bertahan??? 

Jadi rawatlah air kolam renang anda agar tetap jernih tanpa membuang buang uang tenaga dan waktu anda. Karena air kolam renang yang tidak terawat akan menjadi hijau, selanjutnya lantai kolam akan ditumbuhi oleh lumut.

        Beberapa penyebab air kolam renang menjadi kotor dan hijau, diantaranya sisa sisa detergen yang melekat pada baju perenang, keringat, minyak, rambut, liur, ingus, makanan , debu yang terbawa angin, matahari, air hujan, air baru yang belum ditreatment dan lain sebagainya. Dari beberapa penyebab diatas yang paling ribet dan menjengkelkan adalah orang makan didalam kolam renang dan memakai baju selain baju renang (levis dsb). Walaupun di setiap kolam renang sudah ada peraturan dipintu masuknya, bahkan beberapa kolam renang sampai menulis larangan tersebut dengan besar dan jelas. Tapi masih ada saja pemandangan orang makan didalam kolam renang umum terpampang di depan mata. Kapan negri ini bisa maju ya, kalau orangnya seperti itu semua hihihihi.....

                       "Bagaimana  cara merawat air kolam renang yang baik dan benar.....?"

        Pengobatan air kolam renang secara tepat diperlukan untuk menjaga air kolam renang agar aman dan bersih untuk para perenang, dan pengobatan air kolam renang ini dapat menghemat waktu dan uang para pemilik kolam renang. Sebelumnya pastikan anda sudah memenuhi persyaratan dibawah ini,
         ~Filter dan pompa memenuhi syarat dengan volume kolam renang.
         ~Sistem pemipaannya memenuhi syarat.
         ~Memiliki peralatan pembersih kolam (vacum+selang, sikat kolam dll)
         ~Memilih chemical apa yang akan digunakan.
         ~Memiliki test kit pH cl

                       Macam Chemical Yang Sering Digunakan
        ~Kaporit 60% - 65% - 90%
        ~Soda Ash
        ~PAC
        ~Tawas
        ~Prusi
        ~HCL

        Secara fisik kaporit ada 4 yaitu cair, serbuk, butiran dan padat (tablet & stik) dengan kadar yang berbeda beda dan berasal dari beberapa negara yaitu Indonesia, China, Belgia dan Amerika.
   -Kaporit 60% dan 65% fungsinya untuk menambah kadar klorin dan pH, sedang yang 90% hanya menambah kadar klorinnya saja. Dapat memberantas dan mengontrol bakteri penyakit yang dibawa oleh manusia maupun yang terbawa oleh angin dan hujan.
   -Soda Ash biasanya berbentuk serbuk dengan rasa agak asin (pernah ngincip sih). Fungsinya untuk menaikkan pH.
   -PAC atau poly aluminium chlorine Biasanya berasal dari China dan Jepang berfungsi untuk mengendapkan.
   -Tawas sama fungsinya dengan PAC tapi masih lebih bagus PAC.
   -Terusi berfungsi untuk mencegah tumbuhnya lumut pada air (warna hijau pada air) dan memberi efek biru pada air.
   -HCL berfungsi untuk menurunkan pH yang terlalu tinggi.
Jika kita sudah mahir dan benar benar paham karakter dari kimia di atas maka kita cukup menggunakan kaporit 65% dan 90% saja. Dengan catatan "Jangan Mencampur Kimia Kimia Tadi Dalam Satu Wadah Dalam Penyimpanan Dan Pemakaiannya".

        Sekian dulu artikel saya (maklum jadwal lg padat) dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

22 komentar:

  1. Waaaah betul gan, ane jg biasa buang airnya jika kotor.
    Cepetan Keluarin tutorialnya gan, please ya..
    thanks b4

    BalasHapus
  2. artikel yang sangat membantu, bila ingin lebih jelas lagi silahkan mampir di kolam saya, monggo

    BalasHapus
  3. saya punya kolam 150m3 saya kasi obat 2kg 90% masi ijo bagai mana cara tuk mengatasi kolam tsb.?


    terimakasih

    BalasHapus
  4. kira" saya bisa mendapatkan semua bahan lengkap kimianya dimana ya gan? mohon pencerahannya

    oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

    Perumahan Baru
    jualan rumah
    kredit perumahan murah di bekasi
    perumahan baru batam

    BalasHapus
  5. untuk penggunana bahan kimia pada kolam apa gak akan merusak kulit ganz ?

    info perumahan
    info rumah murah
    jual rumah denpasar
    Perumahan Baru

    BalasHapus
  6. Pagi gan. Mau tanya apakah cukup kolam renang hanya di beri klorin saja.apakah air tersebut tetap bagus atau tidak.... mohon responnya. Terima kasih.

    BalasHapus
  7. Mohon maaf jika saya baru bisa menanggapi komentar anda semua, dikarenakan kesibukan agar asap dapur tetap mengepul :)

    @arya: mohon maaf belum bisa mengeluarkan artikel tentang kolam "Pemipaan dan Tutorial Pengobatan", jika ada waktu luang pasti akan saya share.

    @rian kurniawan: waaaah boleh tuh.....

    @rio yoman: untuk kolam 150m3 2kg itu terlalu banyak,maksimal 1kg saja, kalau kolam pribadi 1/2kg sdh cukup, untuk umum 3/4kg saja, itupun tergantung hijaunya seperti apa. Jika air hijau mengkilat, berarti terlalu banyak klorin,cb perhatikan PH nya apakah sudah standart? Filter yg terlalu kecil pun akan sangat berpengaruh.

    @isbayu artha nugraha: bisa di peroleh di toko dan distributor bahan kimia terdekat di kota anda.

    @chestha ginanzar: masih aman asal dalam batas yg wajar dan mengerti cara mengolahnya, terkecuali yg kulitnya sangat sensitif (ada kelainan).

    @abdul latif: Kalau hanya klorin saja tidaklah cukup, karena tidak bisa tahan lama. Kalau ingin praktis bisa menggunakan kaporit yang kadarnya 65%, tapi jangan sampai salah pengolahannya.

    BalasHapus
  8. FAMILY POOL Kami siap membantu anda dengan senang hati.
    Jasa yang kami tawarkan :
    - Jasa perawatan kolam renang
    - jasa water maintenance kolam renang
    - jasa pemasangan instalasi kolam renang

    Lokasi jl.kamal raya outeringroad cengkareng mall palem lantai dasar jakarta barat.

    Hub : 083804135352
    Pin : 265693D0
    Email : sobi.erdoe@gmail.com

    Mohon maaf pak saya pribadi numpang iklan. Terima kasih

    BalasHapus
  9. Dari semua ulasan mengenai penjernihan air kolam renang belum ada yang detail sampai dosis chemical (ppm) atau per m3 nya, sehingga kita semua bisa mengaplikasikannya sendiri jika ingin memberi pengalaman atau ilmu.

    BalasHapus
  10. tipsnya bermanfaat sekali,terima kasih ya...

    BalasHapus
  11. Bagaimana mnjernihkan air kolam renang yg berkabut. Trm ksh

    BalasHapus
  12. Selamat sore, saya baru buat kolam renang, cuma air hijau bnget. Sebelumnya airnya dari sumur bor bersih tapi setelah dikolam jdi warna hijau. Sudah campur tawas, PAC dan kaporit. Kami pake pompa pompa sanju, pipa 1inchi.cara ngatasi air hijaunya gimana y gan.

    BalasHapus
  13. Selamat sore, saya baru buat kolam renang, cuma air hijau bnget. Sebelumnya airnya dari sumur bor bersih tapi setelah dikolam jdi warna hijau. Sudah campur tawas, PAC dan kaporit. Kami pake pompa pompa sanju, pipa 1inchi.cara ngatasi air hijaunya gimana y gan.

    BalasHapus
  14. Ulasanya lengkap...jelas Dan bermanfaat.terima kasih

    BalasHapus
  15. air kolam kami warna kecoklatan, sdh di kasih kaporit 65 dan 90 tapi masih kecoklatan. supaya airnya jernih dikasih obat apa ? mohon solusinya

    BalasHapus
  16. Saya punya kolam renang buat umum tapi airnya hijau , bgaimana cara menjernihkannya ya?

    BalasHapus
  17. Saya punya kolam renang buat umum tapi airnya hijau , bgaimana cara menjernihkannya ya?

    BalasHapus
  18. Saya orang pemula dan saya cuma modal nekat dan optimis,,, sebelumnya saya gk tau macam2 chemical itu apa saja dan kegunaannya apa saja,,,,,dan setelah saya sering buka di google alhamdulillah skrg dh lumayan bisa,,,,waktu pertama coba sering bnget gagal niatnya mau menjernihkan kolam renang malah jadinya keruh dah hijau pekat,,,,,dan saya mulai tahu knpa air ko cepet bnget berubah jika ditambah air dari kran/air hujan,,, setahu saya air cepat berubah karena kadar clorine dan PH tidak normal dan tinggal kita tes kit saja clorine diantara 1.0-1.5 dan ph 7.2-7.6,,,,,jika kurang clorine tinggal tambahkan kaporit dan kurang PH tambah Soda ash,,,,jika air hijau keruh gunakan chemical Pac di aduk dulu pake ember Stelah diaduk langsung di tuang je kolam baik jika di aplikasi saat sore besok pagi tinggal vakum buang,,,,,menurutku menggunakan Pac lumayan makan tenaga tpi gk papa dari pada harus ganti air yang berkubik2,,,,
    Stelah jernih dan tak kotor gunakan chemical kaporit granular dan kaporit tablet secara rutin 1 minggu 2kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bermanfaaaaat bgt komen agan. Kasusnya persis sm sama kolam saya. Alhamdulillah semakin yakin dan jelas skr. Harus vacuum brarti ni kotoran ngendap di dasar kolam karna pac. Mantep gan thankyou banyak gan

      Hapus
  19. bermanfaat sekali infonya gan, matur nuwun

    BalasHapus
  20. saya punyà kolam renang ukuran panjang 20 m lebar 15m dan dalam 1,5 m. brapa dosis untuk PAC soda as dan granular..trimakasih yg mau jawab. dan saya doakan rezekinya lancar dan barokah Aamiin..

    BalasHapus